Saturday, December 30, 2006

Ronda di siang bolong ?


Welleh…welleeeeeeh ronda kok disiang bolong tho leee...leeee...( red- gaya celetukan teman akrab saya yang sekarang sama-sama merantau dinegeri UAE/Dubai). Memang sekilas kata “ nongkrong disiang bolong” memang aneh kali ya’ ato mana pernah ada ? ato juga baru kali ini kali ada istilah “ronda disiang bolong” yang sering ada Cuma orang nongkrong diposkamling ngrumpi ato kata orang jawa bilang ngerasani tonggo….amit-amit loe pada jangan ikut-ikutan ya’..Dosa!! hehehehe…yang pasti ronda itu umumnya cuma dilakukan dimalem hari pas kita enak-enaknya merem.

Jujur saja, di Jaman sekarang ini yang aneh ato nyeleneh itu yang justru menjadi sorotan publik, popular dan menghasilkan uang banyak bahkan jadi sorotan pemerintah termasuk hukum. Dan terbukti banyak orang yang sengaja menciptakan ato mengadakan sesuatu yang aneh ato bahkan nyeleneh yang bahkan mungkin juga bertentangan dengan hati nurani masyarakat sebagai bangsa pancasila. Contoh simple yang bisa saya pasang disini adalah penerbitan PlayBoy di negara kita. Bener nggak ? saya yakin seyakin2nya bahwa siapa saja yang terkait dengan penerbitan ato pengadaan Playboy diindonesia tau persis akan sebab dan akibatnya bahwa mereka akan di criticized oleh masyarakat luas umunya seluruh bangsa Indonesia, pemerintah dan hukum. Tapi apa kenyataannya ? Majalah Playboy sekarang tersebar luas diseluruh penjuru tanah airbak jamur dimusim penghujan, jangankan dikota-kota besar dipelosok-pelosokpun anda akan menemui majalah playboy ditangan para remaja bahkan ABG. Satu contoh lagi yaitu goyang borr Inul, Cuma dengan modal pinggul digoyang "munyeeeeeeerrrrr koyo' Borr !! aja dia sekarang menjadi terkenal. Karena goyangannya itu lhoo….dulu nggak ada yg berani seperti Inul, sekarang menjadi ada dan bahkan sekarang menjamuri para pedangdut Indonesia. Betul tidak ? Jangan salah, cuma gara-gara nih "goyangan" beberapa pentolan alim ulama sempat konflik antara "boleh ato tidaknya".

Balik ke topic awal “Ronda disiang bolong”. Kenapa saya bawa topic dan ide ini karena saya merasa semestinya harus ada. Kenapa ? karena di Jaman sekarang ini ato akhir2 ini para maling, rampok, jambret, pemerkosa, pembunuh bayaran ato segala bentuk kejahatan bukan hanya terjadi dimalem hari bahkan berdasarkan berita-berita yang saya baca di media masa ato tontonan TV justru kriminalitas sering terjadi disiang bolong ato hari sebelum petang. Sangat sedikit saya temukan berita yang memberitakan kriminalitas ditengah malam. Kalopun ada itu jarang diexposed. Itu menurut pengamatan saya pribadi.

Ide gila mungkin, karena hampir tidak mungkin ada ronda disiang bolong karena diwaktu-waktu itulah kita sibuk dengan kegiatan sehari-hari. Itulah sebenarnya kenapa para kriminalator ato orang berniat jahat akhir2 ini lebih memilih melakukannya di siang bolong, selain sasaran ato target lebih jelas, mereka tau bahwa kita diwaktu itu sibuk dengan kegitan kita sehari-hari. Andai ide bisa dilakukan dan digalakkan, saya yakin kriminalitilas bisa di minimized. Bisakah ?

No comments: